Wakil Bupati Pesisir Selatan : Rusma Yul Anwar Hadiri Mukerwil IKPS Riau

2504161145_wabup-rusma-yul-anwar-hadiri-mukerwil

Painan, April 2016 – Wakil Bupati, Rusma Yul Anwar menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Provinsi Riau, Minggu (24/4). Acara yang berlangsung di Hotel Pangeran Kota Pekanbaru itu juga dihadiri Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Pengurus DPP IKPS dan tokoh perantau lainnya.

Pada kesempatan itu wabup titip ratusan ribu perantau Pessel yang tergabung dalam IKPS kepada Pemko Pekanbaru, Provinsi Riau. Perantau asal Pessel yang ada di Riau diminta untuk berperan di tanah rantau. “Dima bumi dipijak, disitu langik dijunjuang,” pesan wabup dihadapan para perantu.

Ia menyebutkan, perantau merupakan asset besar bagi daerah dan juga bagi daerah dimana mereka berdomisili. “Oleh sebab itu, saya atas nama Pemkab Pessel menitip ratusan ribu warga Pessel yang ada di Pekanbaru Provinsi Riau pemerintah setempat. Sebaliknya, perantau Pessel yang ada di Pekanbaru untuk memberikan hal yang terbaik,” katanya.

Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan, warga Pekanbaru didominasi oleh pendatang yang berasal dari Pessel. Bahkan dari pertumbuhan penduduk yang mencapai 4 persen setahun disumbangkan oleh tingginya angka pendatang yakni mencapai 2,9 persen.

“Maka Sumbar sebagai provinsi tetangga merupakan penyumbang tambahan penduduk terbesar. Khusus penduduk Pekanbaru asal Kabupaten Pessel, selama ini telah menunjukkan peran dan berkonrtibusi dalam pembangunan di Pekanbaru,” katanya.

Ketua IKPS Riau, Jon Satri menyebutkan, saat ini penduduk Pekanbaru asal Pessel lebih dari 100 ribu orang. Perantau ini bekerja diberbagai sektor misalnya sebagai PNS, Polisi, TNI, pedagang dan lain -lain. Menurutnya, IKPS Riau mempunyai tiga program utama yakni peningkatan kesejahteraan anggota,,ikut berpartisipasi dalam pembangunan Riau dan kampung halaman,” terangnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, Riau merupakan salah satu tujuan merantau utama bagi warga Pessel. Oleh sebab itu, warga Pessel yang tergabung dalam IKPS atau Sumbar perlu menjaga hubungan baik dengan pemerintah setempat.